C I X A

Emo Bukan Cacian ku

enam langkah sukses bikin band emo

Posted by cixa pada Desember 18, 2007

beneran harus ngulik

Mulanya cuma suka. Lalu kepikiran untuk memainkannya. Ketika emo jadi pilihan, apa yang kudu kita lakukan?

 

Banyak temen kita yang hobi musik niat banget bikin band emo. Genre (kalo boleh disebut sebuah genre) itu memang lagi rame belakangan ini. Coba simak, lagu-lagu dari Dashboard Confessional, Finch, atau My Chemical Romance (MCR) sering banget diputar di radio.

Nah, nggak salah dong kalo sebagian dari kita atau temen kita lantas pengen ikutan mainin emo? Toh ngeband kan hak asasi semua manusia (apa sih?).

Tapi, supaya nggak tanggung, mending kita tahu dulu beberapa hal sebelum bikin band emo. Biar nggak cupu dan nggak melenceng.

 

1. Cari personil

Tanyain dulu background musik mereka. Suka denger musik apa? Kalo mereka suka dengerin jazz mending nggak usah diajak. Nggak nyambung soalnya. Terus kalo bisa skill musiknya setara semua. Biar gampang dan nyambung. Kan nggak lucu kalo ada salah satu personil masih basic banget skill-nya.

Terus kalo bisa masing-masing personil punya visi yang nyambung. Ini bisa diliat dari referensi yang dikulik. Kalo ada yang dengerin punk dengan segala turunannya bisa ditarik tuh. Secara akar musik emo bermula dari punk dan hardcore punk.

 

 

2. Perkaya referensi musik

Band emo bukan cuma Dashboard Confessional, Finch atau MCR doang. Nih musik nggak ujug-ujug nongol ke muka bumi. Ada evolusinya. Nah supaya asik, mending kita perkaya referensi musik. Emang rada susah nyari musik-musik emo awal. Soalnya band-band yang ikut melahirkan musik ini masuk kategori indie. Karena itu distribusinya terbatas.

Ada beberapa nama yang dikenal sebagai pengusung emo awal (emocore). Misalnya, Rites of Spring, Fugazi, Jawbreaker, atau Fuel. Ciri khasnya adalah: personil band-band ini “mantan” pengusung hardcore punk. Kemudian berevolusi menjadi band pengusung rock dengan orientasi gitar, tempo lagu sedang, dan vokal gaya punk.

Maju dikit, kita bergerak ke style emo. Di sini ada kelompok seperti Shotmaker, Moss Icon, the Hated, Silver Bearings, Native Nod, Merel, Hoover, Evergreen, Navio Forge, Still Life, Shotmaker, Policy of Three, Noneleftstanding, Embassy, Ordination of Aaron, Floodgate atau Four Hundred Years.

 

 

3. Pake gear khusus

Beberapa band emo pada fase awal perkembangannya banyak yang memakai alat-alat berkaraketeristik khusus. Kayak gitar Gibson Les Paul, SG, dan amplifier Marshall JCM-800. Ini penting karena sound yang keluar dari alat-alat ini punya signature sound yang cocok banget buat musik emo. Apakah berarti kalo nggak ada alat-alat tersebut kita nggak jadi main musik emo? Ya nggak juga sih. Alat-alat itu cuma bikin style dan emosi yang keluar jadi pol. Kalo punyanya gitar Fender atau Peavey misalnya ya nggak apa-apa juga.

 

4. Belajar ekspresif

Ekspresif? Ya, betul. Emo kan berasal dari kata “emotional”. Emo adalah sebuah kata yang mewakili berbagai macam gaya turunan punk rock dengan tingkat emosi tinggi. Jadi kalo mau main musik emo, emosi harus dikedepankan. Bukan marah-marah ya, tapi lebih ke penjiwaan yang dalam.

Sekadar contoh aja nih, musik yang keluar bakal lebih ultra-soft, raungan gitar SG atau Gibson, gaya bernyanyi berbisik dan sesekali berteriak. Untuk gitar salah satu gaya yang selalu muncul adalah octave chord.

Kord oktaf tuh kalo di gitar kira-kira kayak begini. Main kord A flat. Satu nada A di fret 5 senar 6 bakal ditemani satu nada A di fret 7 senar 4. Nah itu kord oktaf namanya. Kord oktaf bakal bikin pitcht yang tinggi saat sound gitarnya keluar serta sangat kaya tekstur. Itu sebab gitar Gibson SG plus Marshall JCM-800 combo sering dipake anak-anak emo.

Semuanya ini nggak maksimal kalo penjiwaaan yang keluar dari masing-masing personil cetek. Esensi emo baru keluar kalo band kita mengeluarkan semua emosi yang ada ke dalam musik dan lagu.

 

5. Bikin lirik yang personal

Salah satu ciri emo yang lain adalah lirik lagu yang sangat personal dan dalam artinya. Nggak harus soal kondisi sosial, kondisi pribadi juga sah-sah aja. Syaratnya cuma satu: emosi kita bener-bener tercurah di sini. Meski kesannya egois, esensi lirik musik emo adalah cerita yang erat banget hubungannya sama kita.

Nah, kalo mau bikin lagu sendiri, pastiin tuh lirik lagu yang kita besut dalem maknanya buat kita. Yang pada akhirnya bikin orang yang denger ikut larut sama cerita lagu. Kita mungkin pernah membatin saat denger sebuah lagu: “Wah nih lagu gue banget nih liriknya!” Nah efek itu yang dicari.

 

7. Bergaya Emo

Nggak lengkap rasanya kalo mainin emo tapi nggak bergaya emo. Untuk bergaya emo ada beberapa hal yang kudu diperhatiin.

  • Kepala. Kalo punya rambut lurus, rambut harus hitam (nggak boleh dicat pirang) di potong lurus disisir menyimpang ke samping lewat jidat. Terus di bagian kuping potong yang tinggi. Sedikit spike juga boleh tuh. Kalo rambut keriting mending dibotakin aja.
  • Pake tato bisa jadi pilihan.
  • Kalo pake kacamata pastiin frame-nya dari berwarna hitam. Kalo nggak punya, cari aja frame hitam yang tebal. Inget aja kacamata yang dipake River Cuomo-nya Weezer.
  • T-shirt warna gelap yang rada kecil. Kalo perlu beli yang buat anak-anak.
  • Pake jaket denim corduray
  • Cardigan yang rada sempit atau V-neck sweater
  • Kalo bernyali pake make-up juga boleh.

di kutip dari : HAI OL.

Iklan

7 Tanggapan to “enam langkah sukses bikin band emo”

  1. Saya sih….lagi bikin J-Band…

  2. cube said

    eMo iS lOve..eMo iS sAcriFicEs..eMo iS AlOne..eMo iS sIckNess..eMo iS inFacTuaTion..eMo iS rOmAnCe..eMo iS sUffErinG..eMo iS mIsEry..eMo iS sAdnEss..eMo iS wOrThlEnEss..eMo iS silencE..eMo iS AngEr..eMo iS vIolEncE..n iTs all eNds in Death.. “bukan sekedar gaya, nak muda yg ga tau apa tu emo n gayanya sosoan emo yg dibenci orang2”

  3. emostein said

    sry tadi nama sama email ngasal wkk..

  4. emostein said

    hidupp emoooooooooooooooooooooooo!!!!

  5. Ia said

    Emo…is life..,
    emo…bz d’blng gaya idup,,

    tp q rda’ g’suKa sm org yg so’ emO…
    Jd trkeZan..aLay…

  6. gilang said

    w mu nanya,,ada yang mau bikin band emo ama gw?
    gw vokal,,gw jga bsa main bass n rhythm,,yang mau hubungin gw d gilang_pirates@yahoo.co.id
    ato via sms

  7. joe said

    thx bgt atas informasinya ….

    menurut gw nie penting bgt bwt para eMo lovers ….

    termasuk gw sech …

    jd karang gw punya tambahan wawasan tentang mengekspresikan diri sebagai penikmat musik emo …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: